Beberapa Jenis Tumbuhan Langka Yang Ada Di Indonesia

Ketika kalian jogging, tentu saja sebelumnya kalian harus mempersiapkan perlengkapan jogging seperti sepatu, handuk, dan bila perlu botol minum. Nah, pernah ga saat kalian sedang jogging terus melihat tumbuhan yang sebelumnya belum pernah kalian lihat? Jika pernah, mungkin saja tumbuhan itu termasuk diantara tumbuhan langka di bawah ini. Nah, berikut ini beberapa tumbuhan yang paling langka di Indonesia.

1. Bayur (Pterosperium Javanicum Jungh)
Pohon ini bisa mencapai ketinggian mencapai 59m dan juga diameter batangnya bisa mencapai 54cm. Pohon ini juga dapat tumbuh di ketinggian 600m di daerah pegunungan. Biasanya pohon ini dimanfaatkan untuk konstruksi rumah dan juga furniture. Di Kalimantan Timur, pohon ini lebih dikenal dengan nama Bayur.

2.Tumbuhan Bantal Sulam (Palaquium walsurifolium)
Pohon ini memiliki diameter kurang lebih 45cm, mampu tumbuh sampai dengan ketinggian 45m. Pohon ini juga biasanya tumbuh di rawa-rawa gambut, selain itu juga terdapat di daerah yang memiliki ketinggian 1000m diatas permukaan laut. Penyebaran yang paling luas terdapat di Sumatera, semenanjung Malaysia dan juga Kalimantan Timur. Di Kalimantan sana, tumbuhan ini lebih dikenal dengan nama Beitis, Nyato, Nyatoh Jangkar, atau Margetahan.

3. Tumbuhan Akar Karak (Ficus Uniglandulosa Wall)
Pohon ini memang tidak terlalu tinggi, hanya sekitar 14m dan memiliki diameter batang 15cm. Batang dari pohon ini memiliki warna putih dan juga bergetah. Pohon ini biasanya tumbuh di daerah dengan ketinggian 1700 meter diatas permukaan air laut. Lebih sering ditemukan di dekat aliran sungai dan juga di lereng-lereng bukit.

4. Tumbuhan Jelutung (dyera sp)
Pohon ini bisa tumbuh hingga ketinggian 75m dan memiliki diameter 159cm. Tumbuhan jelutung ini biasanya tumbuh di dalam hutan yang tanahnya berpasir, atau biasa ditemukan juga di daerah perbukitan yang memiliki ketinggian 400m. Pohon ini getahnya bisa dimanfaatkan untuk membuat permen karet, dan bahkan kayunya juga bisa digunakan untuk pembuatan perabotan. Di Indonesia sendiri, tumbuhan ini lebih dikenal dengan nama Pantung atau Kelutong.

5. Tumbuhan Bulian (Eusderoxylon zwageri)
Pohon ini memiliki diameter batang sebesar 95cm dengan tinggi bisa mencapai 36 meter. Pohon ini biasanya terdapat di lereng bukit dengan ketinggian 600m diatas permukaan air laut. Jenis kayu dari pohon ini sangatlah kuat dan juga tahan lama, mungkin mirip dengan kayu jati yang bisa digunakan untuk membuat konstruksi alat berat.

Demikian beberapa tumbuhan langka yang terdapat di Indonesia. Semoga artikel ini dapat berguna dan bermanfaat untuk kalian semuanya.

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply