Mengenal Tanaman Hias Srigading

Lagi jalan-jalan naik motor ducati, terus lihat ada yang jualan tanaman hias srigading. Sebenarnya apa bagusnya sih tanaman hias yang satu ini? Yuk kita bahas sama-sama tentang tanaman hias srigading ini.

Tanaman hias srigading merupakan pohon kecil atau semak yang biasanya ditanam dipekarangan rumah. Tumbuhan yang berasal dari Asia Selatan ini tidak mempunyai bentuk yang indah tapi ditanam karena keharuman bunganya yang menyeruak di malam hari. Dengan warna mahkota bunga yang khas, bunganya akan mekar setelah matahari terbenam. Dan pada malam hari bunga yang mekar pada malam hari sebelumnya luruh.

Pohon kecil atau semak, memiliki batang lunak dengan permukaan yang kasar dan agak bergabus. Daunnya tersusun berselang-seling, tunggal dengan bentuk bundah telur, ujungnya meruncing, permukaannya kasar tapi tepinya rata, kadang0kadang beringgit. Bungannya juga harum dengan mahkota bunga lima hingga delapan dengan warna putih tapi di bagian tengahnya jingga cerah, tersusun secara berkelompok. Buahnya berjenis kendaga bundah berbentuk hati, pipih dengan diameter 2cm, dengan dua ruang, masing-masing berisi satu biji.

Selain sebagai tempat tanaman hias pekarangan, srigading juga ditanam di pekuburan di Jawa Tengah dan Jawa Timur sebagai pengharum lingkungan, mendampingi kamboja. Bunganya bisa menghasilkan warna kuning yang sulit dihilangkan, sehingga dijadikan sumber pewarna kuning. Selain itu, bunga yang kering kadang-kadang dicampurkan pada seduhan teh sebagai pengharum.

Itu dia sedikit tentang tanaman hias srigading. Semoga artikel ini dapat berguna dan bermanfaat untuk kita semua :D

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply